Kamis, 29 Januari 2015

Resensi Novel Air Mata Terakhir Bunda

Resensi Novel Air Mata Terakhir Bunda (AMTB)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmSgTgwVOsLnPBzK9jZ1xpJejM1WNb05Dv_PN-q0YwuuW8euSj3OU4NXTj9-1Nha-hMfZAAMxi70N9b0WRTcUX5osENu9BABcIgA8Wgdf5rgEVeM8O4HNvR5wBkqyM0B42XtDW4Tuwhzw/s200/download.jpg

A. Identitas Buku
Judul                           : Air Mata Terakhir Bunda                
Pengarang                   : Kirana Kejora                       
Penerbit                       : Hi-fest Publishing
Tempat Terbit              : Cibubur- Jakarta timur
Waktu Terbit               : Maret 2012
Cetakan ke-                 : 6
Tebal Buku                  : 13 cm x 19 cm ; 202 halaman
Harga Buku                 : Rp. 35.000,00
ISBN                           : 978-602-8814-14-0
            Kirana kejora. Penulis independent yang lahir di kota Ngawi JawaTimur 2 Februari 1972, umur 41 tahun. Ia mulai menulis sejak usia 9 tahun. Karya-karyanya berupa artikel, cerpen, dan puisi yang dimuat di berbagai media. Ia juga produktif dalam menulis novel dan Script film baik layar lebar maupun televisi, Kirana telah menulis 40-an script film Tv, 5 script film layar lebar. Karya terakhir nya adalah novel Air Mata Terakhir Bunda, Sebelum memutuskan untuk menjadi penulis ia adalah seorang peneliti Sosial Ekonomi Lulusan Cumlaud Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya (1991-1993). Kirana juga pernah menjadi pemakalah  dan pembicara pada seminar Wajah Keperangahan Muslimah Nusantara di Malaysia pada tahun 2009.

B. Sinopsis Novel
            Novel yang merupakan adaptasi dari kisah nyata ini menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga miskin yang hidup ditempat yang dikenal dengan nama ‘Tanah Lumpur’ Sidoarjo, di sebuah desa kecil Renokenongo. Novel ini juga menceritakan perjuangan seorang anak laki-laki yang yang ditinggal pergi ayahnya sejak ia berusia lima bulan dalam kandungan. Anak ini bernama Delta, Delta Santoso adalah nama yang diberikan oleh Sriyani ibunya untuk anak keduanya yang berharap nama itu akan menjadi doa.
Delta mempunyai kakak laki-laki yang bernama Iqbal yang usianya tiga tahun lebih tua darinya, kakak Delta memang orang yang sangat iri terhadap adiknya itu. Ibunya Sriyani hanya seorang penjual lontong kupang, namun dia rela berkorban apapun demi menyekolahkan anak-anaknya. Kehidupan Delta dan Iqbal sejak kecil dibawah garis kemiskinan. Sriyani selalu mengajarkan kepada kedua anaknya untuk tidak mengeluh kepada kemiskinan. Kemiskinan bukan untuk diterima begitu saja, tetapi harus dihadapi. Berjualan lontong kupang setiap hari dengan segala hinaan yang dilontarkan pembeli menjadi tumpuan keuangan Sriyani. Terkadang Sriyani juga memberikan jasa sebagai buruh cuci yang masih belum bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Baginya pendidikan anak adalah nomer satu walaupun ia berpendidikan rendah. Sriyani tidak pernah untuk memperlihatkan kesedihannya kepada kedua anaknya.Ia tidak ingin anaknya putus asa hanya karena ketiadaan sosok ayah. Delta banyak mengambil pelajaran dari kehidupannya, tentu karena bimbingan dari Ibu Sriyani dan dukungan dari Iqbal dan beberapa temannya.
Delta juga adalah seorang anak yang pintar. Pada saat kuliah ia mendapat beasiswa. Ibunya meninggal saat Delta menjelang wisuda, tetapi doa ibu menghantarkannya sukses dalam pendidikannya, sekarang Delta sudah menjadi orang sukses dan menikah dengan wanita pilihannya yaitu Lauren.

C. Sasaran
            Novel ini ditujukan untuk masyarakat luas dari bawah, menengah, dan atas. Khususnya para remaja, para siswa SMA, dan mahasiswa.

D. Kelebihan dan Kelemahan Buku
Keunggulan dari novel AMTB  adalah bahasa yang digunakan penulis sangat menyentuh dan dapat mendalami karakter tokoh dan novel ini juga membuat pembaca larut dalam cerita, seolah-olah turut merasakan kehidupan Delta yang sebenarnya, meskipun alurnya maju mundur, tetapi tetap mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
Kekurangan dari novel ini adalah banyak percakapan yang menggunakan bahasa jawa, karena novel ini merupakan adaptasi dari kehidupan tanah jawa. Memang terdapat glosarium dibelakang buku, tetapi membuat para pembaca terhambat dalam membacanya.

E. Manfaat bagi pembaca
            Novel ini sangat bermanfaat bagi kalangan remaja karena dapat membangkitkan semangat belajar dan juga memberikan pesan untuk terus berbakti kepada orangtua sebagaimana perjuangannya dalam menghidupi anak-anak tercinta.


2 komentar:

  1. Terima kasih atas resensi yang sudah dibuat. Sangat bermanfaat buat nulis sinopsis novel ini. Saya minta izin ingin copy paste buat tugas sekolah, boleh ya kakak :)
    Makasih banyak...

    BalasHapus